
Lomba Robotic
Rp.45,000Tanggal Akhir Daftar: 2025-01-25
Deskripsi
Tipe Kegiatan: Tim/Kelompok/Regu
a. Kategori Lomba
• SD usia 10-12 Tahun
• SMP-SMA usia 12-18 Tahun
b. Peserta.
• Peserta adalah kelompok beranggotakan 2 (dua) orang siswa aktif sekolah yang dinyatakan dengan surat keterangan dari kepala sekolahnya.
• Satu sekolah hanya diperbolehkan mengirimkan satu kelompok.
c. Pembimbing.
• Peserta harus didampingi oleh satu orang guru pembimbing yang dinyatakan dengan surat tugas oleh kepala sekolahnya.
• Guru pembimbing akan dilibatkan dalam proses penjurian.
d. Juri
• Juri merupakan tim yang dipimpin oleh seorang ketua dibantu oleh seorang wakil ketua.
• Seluruh pembimbing peserta dilibatkan sebagai anggota tim juri.
• Penjurian diatur oleh ketua juri dengan pembagian grup dan tata cara yang mempertimbangkan kode etik berdasarkan prinsip keadilan, kejujuran, dan keterbukaan.
e. Robot.
• Seluruh bahan dan alat untuk pembangunan robot disediakan oleh peserta.
• Robot dirancang oleh peserta dengan bimbingan dari guru pembimbing.
• Robot dibatasi dalam hal berikut:
Kategori SD :
-Tidak menggunakan mikrokontroler apapun.
-Motor DC tidak lebih dari 3 buah.
-Baterai hanya dari 4 buah baterai AA 1,5 V (boleh alkaline).
-Alat kendali (remote control) harus berkabel, dengan panjang kabel lebih dari 1 meter.
-Ukuran tidak melebihi panjang 25 cm dan lebar 25 cm saat di posisi awal (sebelum berjalan).
Kategori SMP-SMA:
-Menggunakan satu mikrokontroler Arduino Uno atau Nano.
-Motor DC (termasuk servo, dsb) tidak lebih dari 4 buah.
-Baterai tidak melebihi 9 V.
-Ukuran tidak melebihi panjang 25 cm dan lebar 25 cm saat di posisi awal (sebelum berjalan).
• Penggunaan sensor dibatasi dengan ketentuan:
1) Macamnya tidak lebih dari 3 macam.
2) Banyaknya semua sensor tidak lebih dari 6 buah.
• Robot dioperasikan secara autonom (tanpa kendali manual).
f. Perakitan.
1) Peserta membawa seluruh bahan dan peralatan ke tempat perakitan pada waktu yang ditentukan.
2) Peserta dilarang membawa alat komunikasi apapun selama di tempat perakitan.
3) Peserta dilarang keluar dari tempat perakitan selama waktu perakitan. Jika ada keperluan mendesak, izin keluar dapat diminta kepada juri.
4) Peserta diberi waktu untuk merakit dan mencoba robotnya selama 2 (dua) jam.
5) Robot dibawa ke tempat perlombaan dalam kondisi belum dirakit.
6) Bagian atau komponen yang memerlukan penyolderan boleh dikerjakan sebelum dibawa ke tempat perlombaan.
7) Robot dirakit dan dicoba di tempat perlombaan.
8) Selesai perakitan, robot dilarang dibawa keluar dari tempat perakitan sampai tiba waktunya permainan.
g. Lapangan.
Kategori SD :
1. Lapangan perlombaan berupa sebuah meja dengan permukaan berwarna putih dengan ukuran panjang 100 cm dan lebar 50 cm.
2. Kaki meja dilipat sehingga tinggi permukaannya tidak jauh dari lantai.
3. Di atas meja ada beberapa benda yang akan dipindahkan/dibuang oleh robot agar meja menjadi bersih. Benda-benda tersebut berupa:
1 (satu) buah susu kotak Ultra 125 ml (atau yang serupa, kosong) https://tokopedia.link/fZeJ7wvhnNb
2 (dua) buah air mineral gelas Santri (atau yang serupa, kosong) https://tokopedia.link/V3RHgXBhnNb
10 (sepuluh) buah permen Kopiko (atau yang serupa) https://tokopedia.link/9YHkh2RhnNb
4. Di sebelah meja di atas lantai ada 1 (satu) lembar kertas ukuran A3 sebagai tanda keranjang sampah.
5. Kondisi lapangan dimungkinkan berubah disesuaikan ketersediaan barang, namun akan diusahakan paling mendekati ketentuan yang ditetapkan.
Kategori SMP-SMA:
a) Lapangan perlombaan berupa sebuah meja dengan permukaan berwarna putih dengan ukuran panjang 100 cm dan lebar 50 cm.
b) Kaki meja dilipat sehingga tinggi permukaannya tidak jauh dari lantai.
c) Di atas meja ada beberapa benda yang akan dipindahkan/dibuang oleh robot agar meja menjadi bersih. Benda-benda tersebut berupa:
d) 1 buah air mineral botol Santri 330 ml (atau yang serupa, masih berisi) https://tokopedia.link/KlJY8J9snNb
e) 3 buah air mineral gelas Santri 240 ml (atau yang serupa, masih berisi) https://tokopedia.link/V3RHgXBhnNb
f) Garis batas untuk tempat penataan barang dibuat di salah satu sisi pendek meja dengan jarak 25 cm dari tepi, dan dibuat dari isolasi warna hitam dengan lebar 18 mm https://tokopedia.link/Dh6ak2IyNNb
g) Kondisi lapangan dimungkinkan berubah disesuaikan ketersediaan barang, namun akan diusahakan paling mendekati ketentuan yang ditetapkan.
h. Permainan.
-Posisi awal robot di salah satu pojok meja yang ditentukan oleh juri.
-Letak benda-benda yang akan dibersihkan dari meja oleh robot dan letak keranjang sampah/tempat penataan ditentukan oleh juri.
-Setiap peserta diberi waktu 1 menit untuk menyiapkan robot di meja dan 3 (tiga) menit untuk robot membersihkan meja.
-Robot diperbolehkan membersihkan benda-benda dari atas meja dengan cara mendorongnya atau dengan cara yang lain hingga jatuh ke keranjang sampah.
-Peserta diperbolehkan mengulang selama waktu masih ada dengan ketentuan:
1) Peserta mengatakan, “Ulang!” atau “Retry!”
2) Robot dikembalikan pada posisi awal.
3) Kondisi arena akan dikembalikan pada kondisi awal oleh juri.
4) Nilai yang sudah didapat dihapus oleh juri.
-Peserta dilarang menyentuh dan/atau mengendalikan robot saat permainan sudah dimulai, baik secara langsung maupun tidak langsung (misalnya menggunakan alat tertentu). Jika peserta melakukannya, maka dianggap meminta “ulang” (atau “retry”).
-Peserta diperbolehkan meminta “ulang” (atau “retry”) karena robot terjatuh dari meja. Jika tidak, maka permainan dianggap selesai.
-Peserta diperbolehkan mengakhiri walaupun waktu belum habis dengan ketentuan:
a) Peserta mengatakan, “Berhenti!” atau “Stop!”
b) Nilai dihitung oleh juri berdasarkan banyaknya barang yang sudah dibersihkan dari atas meja.
-Permainan dinyatakan selesai jika:
1) Peserta menyatakan berhenti, atau
2) Waktu habis, atau
3) Semua benda di atas meja sudah dibersihkan dan robot masih tetap berada di atas meja (tidak terjatuh) selama 10 detik dihitung dari benda terakhir yang dibersihkan dari atas meja. Dalam kondisi ini, ada nilai bonus yang diberikan.
i. Penilaian.
Peserta akan dinilai dalam 2 (dua) aspek, yaitu perakitan dengan bobot 40% dan permainan dengan bobot 60%.
-Aspek perakitan dengan kriteria:
-kerja sama peserta, kebersihan dan kerapian tempat kerja, keselamatan kerja.
-memulai dari awal, desain robot, struktur robot, kesesuaian batasan, kerapian robot.
-Nilai perakitan diberikan oleh juri dengan angka 0–3, dengan ketentuan:
-0 tidak menampakkan kriteria,
-1 kurang menampakkan kriteria,
-2 cukup menampakkan kriteria,
-3 sangat jelas menampakkan kriteria.
-Nilai yang diberikan oleh para juri dianggap tidak valid jika ada selisih lebih dari 1.
-Aspek permainan didapatkan dari banyaknya benda yang dibersihkan dari meja:
Kategori SD :
-2 untuk susu kotak.
-1,5 untuk setiap air kemasan gelas.
-1 untuk setiap permen.
-Benda yang masih di atas meja tidak dinilai.
-Benda yang tidak berada di keranjang sampah tidak dinilai.
Kategori SMP-SMA :
2 untuk air kemasan botol
-1 untuk setiap kemasan gelas.
-Benda yang masih di atas garis batas tidak dinilai.
-Benda yang terhjatuh dari meja tidak dinilai.
-Nilai yang diberikan oleh juri berlaku final dan tidak dapat digugat.
j. Juara.
-Juara ditetapkan oleh juri berdasarkan urutan nilai tertinggi.
-Jika ada nilai yang sama, maka dipilih yang catatan waktunya lebih cepat.
-Jika masih ada yang sama, maka dipilih yang paling sedikit pernah terjatuh dari meja.
k. Tahapan Perlombaan.
Perlombaan akan dilaksanakan secara daring dan luring.
-Seleksi Daring ( Online)
1. Peserta dijadwalkan oleh panitia untuk tampil secara daring, misalnya melalui Zoom atau yang lain.
2. Peserta diberi waktu selama 3 (tiga) menit untuk mendemonstrasikan robot yang sudah dirakit sesuai ketentuan yang sudah dijelaskan (tidak termasuk ketentuan tentang perakitan).
3. 20 (dua puluh) peserta atau 20 robot akan dipilih oleh juri untuk berlomba di tahap berikutnya, yaitu lomba luring.
a. Lomba Luring (Offline di TMII)
1) Seluruh peserta akan dibagi menjadi 4 (empat) grup.
2) Setiap peserta diberi kesempatan 2 (kali) penilaian permainan dan nilai akhirnya adalah dari nilai rata-rata.
3) 1 (satu) peserta dari setiap grup dengan nilai tertinggi dipilih untuk berlomba di babak final dengan pertandingan adu cepat.
l. Jadwal Pelaksanaan
1. Pendaftaran: 22 Oktober 2024 – 12 Januari 2025 2024 Online 7/24 Jam
2. Workshop Robotik: 12 Januari 2025 Online 08.00 WIB-12.00 WIB
3. Technical Meeting: 15 Januari 2025 Zoom Meeting Pukul 16.00-17.00 WIB
4. Babak Penyisihan: 26 Januari 2025 Zoom Meeting Pukul 09.00-15.00 WIB
5. Babak Final SD: 15 Februari 2025 Sasana Kriya TMII Pukul 13.00-15.00 WIB
6. Babak Final SMP-SMA: 15 Februari 2025 Sasana Kriya TMII Pukul 15.00-18.00 WIB